Bahasa adalah alat untuk komunikasi. Supaya bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris, kita harus mengusai bahasa inggris dengan baik. 

Ada 4 kecakapan dalam bahasa Inggris yang harus kita kuasai, yaitu :




1. Ability to listen - Kecakapan mendegar
Untuk berkomunikasi dengan orang lain kita dituntut untuk memiliki kecakapan mendengar (listening) yang baik. Hal ini sangat perlu untuk menghindari salah faham. Misalnya pada susunan berikut :
- I scream. (Saya berteriak)
- Ice cream. (es krim)

Apabila kita tidak terlatih mendengarkan bunyi bahasa Inggris dengan baik, maka telinga kita akan agak sulit membedakan susunan kata-kata di atas. 

Bagi yang belajar bahasa Inggris sudah mahir, biasanya diberikan pelajaran khusus "Listening Comprehension" gunanya untuk melatih pemahaman terhadap apa yang didengar. Guru membacakan cerita pendek yang tidak lebih dari sepuluh kalimat, kemudian siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita. Jika perlu, siswa diminta untuk menceritakan kembali cerita dalam bahasa Inggris.

2. Ability to speak - Kecakapan berbicara
Untuk memperoleh kecakapan ini, biasanya diberikan pelajaran "conversation" atau "percakapan" yang menitikberatkan pada pengenalan bunyi dan lafal bahasa Inggris. Kita juga tahu bahwa antara tulisan dan pengucapan dalam bahasa Inggris terkadang sangat jauh berbeda.

3. Ability to read - Kecakapan membaca
Untuk memiliki kecakapan membaca biasanya kita belajar "Reading Comprehension" yaitu pemahaman terhadap bacaan secara keseluruhan , yang dititikberatkan pada masalah kosa kata atau vocabulary. Pemahaman terhadap kosa kata dalam bahasa Inggris sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia. Contoh :
- home : rumah
- sick : sakit
- home sick : rindu kampung halaman. Bukan berarti "rumah sakit" atau "sakit rumah". 
4. Ability to write - Kecakapan menulis
Kita bisa mengungkapkan isi hati dan apapun yang ada dalam pikiran kita dalam bentuk tulisan bahasa Inggris. Sudah tentu apabila kita telah menguasai Grammar atau tata bahasa Inggris dengan baik. Grammar adalah aturan atau pedoman bagi seseorang yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar.
Demikian Tips bagi yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!

 
Top