Sering kali kita mendengar istilah TOEFL jika akan melamar pekerjaan, mengajukan beasiswa ke luar negeri atau bahkan sekarang untuk perguruan tinggi tertentu mewajibkan mahasiswanya memperoleh nilai TOEFL minimal 450 jika akan mengajukan judul untuk sebuah penyusunan skripsi. TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language (Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris. 
TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan paper-based test (tes berbasis paper) yang mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris seorang individu yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, melalui 3 sesi, yaitu :
1. Listening Comprehension
2. Structure Expression
3. Reading Comprehension
Skor TOEFL ITP berkisar 310-677. Lebih dari 1.200 sekolah, universitas dan lembaga swasta di seluruh dunia menggunakan TOEFL ITP, termasuk Indonesia.
TOEFL ITP pada dasarnya mempunyai dua bentuk soal, yaitu :
1. The General TOEFL ITP test
Adalah yang umum digunakan, ini adalah bentuk tes TOEFL ITP yang sering kali diikuti oleh berbagai peserta tes TOEFL di Indonesia.
2. The PRE-TOEFL test
Adalah tes yang memiliki bentuk soal yang tingkat kesulitannya lebih mudah dan durasi ujiannya lebih singkat.

Kegunaan TOEFL :
1. Persyaratan masuk atau kelulusan di jenjang institusi pendidikan Indonesia yang lebih tinggi.
2. Placement test dan tes evaluasi di lembaga-lembaga bahasa.
3. Persyaratan untuk daftar program beasiswa seperti : Australian Development Scholarships, StuNed, DAAD (German Academic Exchange Service), PRESTASI, Fulbright Foreign Program dan program beasiswa dari lembaga pemerintah seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi.
4. Bagian dari program pendidikan, pelatihan dan pengembangan karir dari lembaga pemerintah seperti Depantemen Pendidikan Luar Negeri dan Pusat Pelatihan, BAPPENAS, BKPM, Departemen Perdagangan serta Bank Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Sumber : IIEF



3 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top