Apa yang Diujikan Saat Mengikuti Tes TOEFL ITP?

Bagi para pemburu beasiswa, pencari lowongan kerja, para mahasiswa yang akan menyusun skripsi juga bagi calon mahasiswa pascasarjana TOEFL ITP adalah salah satu tes yang sangat diincar. Dalam artikel kali ini akan dibahas terkait bagaimana tes TOEFL ITP, jenis-jenis skill yang diujikan, durasi waktu dalam mengerjakan ujian dan pastinya tentang Materi yang Diujikan Dalam Tes TOEFL ITP.

TOEFL ITP adalah tes yang menggunakan kertas dan pensil 2B (bulatan), menggunakan sistem pilihan ganda (multiple choice). Isi pada tes ini 100% tentang bahasa Inggris akademik. Artinya bahwa kosa kata yang digunakan dalam tes TOEFL ini semuanya kosa kata yang digunakan dalam lingkungan akademik. Ada 3 sesi yang diujikan pada tes TOEFL ITP, yaitu :
1. Listening Comprehension
Merupakan sesi pertama dari tes TOEFL ITP. Sesi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam memahami bahasa Inggris lisan seperti yang digunakan di perguruan tinggi dan universitas di Amerika.
2. Structure and Written Expression
Merupakan sesi kedua dari tes TOEFL ITP. Sesi ini bertujuan untuk mengukur kecakapan individu dalam mengenal aturan-aturan grammar dan structure yang sesuai dengan standar penulisan bahasa Inggris.
3. Reading Comprehension
Merupakan sesi ketiga dari tes TOEFL ITP. Sesi ini  bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam membaca dan memahami bahan bacaan akademis.

Perhatikan tabel berikut :
Tabel di atas menunjukan ada 2 tingkatan pada tes TOEFL ITP, yaitu :
1. Pertama diperuntukan bagi level menengah ke tingkat mahir. Bentuk inilah yang umumnya digunakan di Indonesia. Para penyedia beasiswa atau institusi manapun yang mensyaratkan skor TOEFL, maka yang dimaksud adalah skor TOEFL jenis ini. Durasi waktu yang diperlukan untuk mengerjakan tes ini adalah 2 jam.
2. Kedua TOEFL ITP bagi pelajar yang kemampuannya masih belum sampai level mahir. Durasi waktu yang diperlukan untuk tes ini adalah 1 jam 10 menit. Di buku TOEFL yang beredar di Indonesia jenis ini dapat ditemukan pada buku : Cambridge Preparation for the TOEFL Test yang ditulis oleh Robert Gear.


Jenis Topik yang Diujikan Pada Tes TOEFL ITP :
1.Topik Akademik
- Seni: seni rupa, kerajinan, teater, tari, arsitektur, sastra, musik, fotografi, film.
- Humaniora: sejarah, ilmu politik, pemerintah, filsafat, hukum.
- Life Sciences: paleontologi, biokimia, perilaku hewan, ekologi, anatomi, fisiologi, genetik, kesehatan ilmu pengetahuan, biologi, pertanian.
- Ilmu Pengetahuan Fisika: geologi, astronomi, kimia, geologi, ilmu bumi, teknik, meteorologi, energi, teknologi, oseanografi, fisika.
- Ilmu Sosial: antropologi, sosiologi, pendidikan, geografi, arkeologi, psikologi, ekonomi, bisnis, manajemen, pemasaran, komunikasi.

Topik Kehidupan Kampus
- Kelas: jadwal kelas, kelas persyaratan, referensi perpustakaan, tugas (makalah, presentasi, pembacaan), profesor, belajar, kunjungan lapangan.
- Administrasi Kampus: pendaftaran, perumahan dan mematikan kampus, belajar di luar negeri, magang, kebijakan universitas.
- Kegiatan Kampus: klub, komite, kegiatan sosial.

Topik Umum
- Bisnis: manajemen, kantor, dokumen resmi, hukum.
- Lingkungan: cuaca, alam, iklim, lingkungan.
- Makanan: jenis makanan, restoran.
- Bahasa dan komunikasi: surat, email, telepon digunakan, meninggalkan pesan, permintaan informasi.
- Media: TV, koran, internet.
- Obyek: deskripsi benda, peralatan.
- Personal: anggota keluarga, teman, kesehatan, emosi, karakteristik fisik, rutinitas sehari-hari.
- Perencanaan dan manajemen waktu: peristiwa masa depan, undangan, jadwal pribadi.
- Pembelian: pakaian, belanja, perbankan, uang.
- Rekreasi: olahraga, permainan, konser, drama, seni, buku, fotografi, musik, pesta dan pertemuan, kuliah umum.
- Transportasi : perjalanan, mengemudi, parkir, transportasi umum, perjalanan, pemesanan
- Tempat Kerja: melamar pekerjaan, pekerjaan di kampus, jadwal kerja.





LihatTutupKomentar

2 Komentar

Cancel

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!