6 Tips Membantu Anak Belajar Bahasa Inggris


Berdasarkan penelitian, usia anak-anak adalah usia yang paling efektif untuk memulai belajar bahasa Inggris. Anak-anak dapat dengan cepat merespon apa yang diajarkan dan mereka lebih mudah menghafal kosa-kata yang diberikan. Supaya anak kita dapat menguasai bahasa Inggris dengan benar, berikut adalah 6 Tips Membantu Anak Belajar Bahasa Inggris.

1. Lagu
Mendengarkan lagu-lagu Bahasa Inggris kemudian menyanyikan kembali dianggap cara yang paling efektif. Cara ini sangat menyenangkan. Anak-anak dapat belajar kosa kata tanpa mereka sadari. 

2. Sajak / Puisi
Kalimat yang ada pada sajak / puisi biasanya berupa kalimat-kalimat pendek. Anak akan merasa tidak ada beban saat melafalkan kalimat tersebut. Pengucapan kalimat ditambah ekspresi wajah akan sangat menyenangkan.

3. Buku Bergambar
Warna - warni pada buku diyakini sangat menarik bagi anak-anak. Belajar bahasa Inggris melalui media ini, akan membuka dunia baru bagi anak-anak. Mereka bisa belajar kosa kata dengan mudah. Pilihlah buku yang tepat agar interaksi anak dengan pengajar (dalam hal ini bisa guru yang mengajarkan di sekolah atau orang tua yang mengajarkan di rumah) dapat terjalin dengan baik. Mulailah dari buku bergambar yang sederhana dan menarik, sehingga anak-anak merasa senang.

4. Percakapan Sederhana
Mulailah mengajarkan percakapan yang ringan-ringan saja. Misalnya : Saat bertemu dengan teman ucapkan How are you? (Apa kabarmu?), ditanya apa kabar menjawab : I'm fine (Saya baik), diberi sesuatu oleh siapa saja ucapkan Thank you (Terima kasih), dan masih banyak lagi. Kebiasan melafalkan percakapan akan membuat anak semakin percaya diri. Karena inti dari belajar Bahasa Inggris yaitu anak diharapkan mampu berkomunikasi walaupun dengan kalimat yang sangat sederhana.

5. Game Edukatif
Sekarang jamannya teknologi canggih. Banyak program pengajaran Bahasa Inggris untuk anak melalui permainan-permainan (Game) yang menyenangkan. Belajar dengan cara ini menggunakan media komputer (PC atau Laptop) dan tablet. Ajarilah anak-anak menggunakan gadget untuk meningkatkan kemampuan dalam Bahasa Inggris

6. Bercermin
Siapkan cermin pada saat anak-anak mengucapkan kalimat-kalimat Bahasa Inggris, maksudnya agar mereka melihat gerak mulut atau bibir. Cara ini dapat membantu anak berekspresi dengan gaya pelafalan kosa kata atau kalimat. Diyakini cara ini akan menambah rasa percaya diri. 

Ok sobat, belajar yang baik adalah belajar tanpa paksaan. So, mari kita terapkan metode yang menyenangkan sehingga anak-anak dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik dan pelafalan kata yang benar. 

Semoga bermanfaat.



LihatTutupKomentar

2 Komentar

Cancel

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!