Inti dari belajar Bahasa Inggris adalah supaya kita mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Komunikasi bisa dilakukan dengan lisan atau tulisan. Komunikasi lisan dianggap paling sulit karena kemampuan pelafalan harus benar dan bisa dimengerti oleh orang lain. Dalam percakapan (conversation), harus mampu memahami apa yang lawan bicara ucapkan dan apa yang ingin kita ucapkan supaya komunikasi berjalan dengan baik. Berikut adalah Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris.

1.    Percaya Diri

Untuk menumbuhkan percaya diri dalam memulai berkomunikasi Bahasa Inggris tidaklah mudah. Rasa takut, khawatir, malu selalu menghantui saat akan mencoba untuk berbicara. Untuk melawan rasa tersebut, cobalah memulai. Tidak perlu benar, yang penting rasa percaya diri tinggi (PeDe). Survey membuktikan, orang yang PeDe tinggi saat berbicara Bahasa Inggris akan lebih cepat lancar walaupun belum tentu yang diucapkan benar. Itulah proses awal, jika kita percaya diri untuk memulai, kita pasti bisa.

 

2.    Berani

Berani berbicara, berani salah. Jangan terlalu banyak berpikir takut salah, takut orang lain tidak paham ucapan kita, atau khawatir berlebihan karena akan ditertawakan orang lain. Kita harus berani memulai untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.

 

3.    Sering Berlatih Listening

Semakin kita sering mendengar suatu kata maka kata tersebut akan cepat tersimpan dalam memori ingatan. Semakin banyak kata yang kita ingat, maka akan semakin mudah saat kita akan mengucapkan kalimat. Berlatih mendengarkan bisa dilakukan dengan cara sering menyimak berita-berita dalam Bahasa Inggris di TV atau Radio atau juga sering menonton film yang percakapannya menggunakan Bahasa Inggris. Menonton film, diyakini memiliki efek sangat bagus untuk menambah kosa kata.

 

Contoh nyata berlatih listening adalah pada saat kita lahir kita tidak bisa bicara, hanya bisa menangis. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan, kita sering mendengar apa yang orang tua ucapkan. Kata-kata tersebut, setiap hari bertambah hingga tersimpan dalam ingatan. Sehingga pada akhirnya kita mampu berbicara dengan kalimat yang dapat dipahami.

 

4.    Berlatih Tata Bahasa (Grammar)

Setelah 3 hal di atas dikuasai, berlatihlah tata bahasa. Maksudnya, supaya apa yang kita ucapkan tersusun dalam kalimat yang rapi. Walau agak berat tapi itu akan terkalahkan karena kita memiliki motivasi yang tinggi untuk mampu berbicara dalam Bahasa Inggris.

 

5.    Berkumpul Dengan Orang-Orang Yang Tepat

Untuk memperlancar percakapan, buatlah grup yang beranggotakan orang-orang yang semangat untuk bisa berbicara Bahasa Inggris. Karena memiliki tujuan yang sama, maka hasilnya akan jauh lebih baik. Mulailah dari topik-topik pembahasan sederhana dengan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dipahami.

 

Pengalaman pribadi saya dalam melatih kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris yaitu saya sering mengunjungi tempat wisata yang banyak turis asing. Dahulu saya berpikir bahwa setiap orang bule (turis asing) yang datang ke Indonesia itu mahir berbahasa Inggris. Makanya, setiap saya bertemu bule, saya selalu berani untuk bertanya kepada mereka. Saya masih ingat kalimat-kalimat sederhana yang dulu sering saya tanyakan kepada mereka: “Excuse me, may I introduce my self?” dan ketika bule itu menjawab “Yes, please”, waaahhhhh senangnya luar biasa. Karena, itulah awal yang baik supaya saya bisa bertanya banyak untuk melatih sejauh mana kemampuan saya. Sehingga akhirnya saya tahu bahwa turis-turis asing yang datang ke Indonesia belum tentu bisa Bahasa Inggris tapi mereka semangat berbicara Bahasa Inggris.

 

Itulah Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

6 komentar:

  1. 7guowenha0921
    puma outlet, http://www.pumaoutletonline.com/
    salomon shoes, http://www.salomonshoes.us.com/
    instyler, http://www.instylerionicstyler.com/
    cheap nba jerseys, http://www.nbajerseys.us.com/
    ysl outlet, http://www.ysloutletonline.com/
    coach outlet store, http://www.coachoutletonline-store.us.com/
    michael kors outlet online, http://www.michaelkorsoutletusa.net/
    nfl jersey wholesale, http://www.nfljerseys-wholesale.us.com/
    pandora outlet, http://www.pandorajewelryoutlet.us.com/
    atlanta falcons jersey, http://www.atlantafalconsjersey.us/
    boston celtics, http://www.celticsjersey.com/
    miami dolphins jerseys, http://www.miamidolphinsjersey.com/
    iphone 6 cases, http://www.iphonecase.name/
    cheap uggs, http://www.uggboot.com.co/
    gucci,borse gucci,gucci sito ufficiale,gucci outlet
    beats by dre, http://www.beats-headphones.in.net/
    oakley sunglasses, http://www.oakleysunglasses-wholesale.us.com/
    ralph lauren polo, http://www.ralphlaurenoutlet.in.net/
    lacoste pas cher, http://www.polo-lacoste-shirts.fr/
    jordan 13, http://www.airjordan13s.com/
    mbt shoes outlet, http://www.mbtshoesoutlet.us.com/
    louis vuitton handbags outlet, http://www.louisvuittonhandbag.us/
    true religion canada, http://www.truereligionjeanscanada.com/
    oakley canada, http://www.oakleysunglassescanada.com/
    jets jersey, http://www.newyorkjetsjersey.us/
    coach outlet store, http://www.coachoutletus.us/
    michael kors uk, http://www.michaelkorsoutlets.uk/
    cardinals jersey, http://www.arizonacardinalsjersey.us/

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top