Selamat siang sobat semua, apa kabar? Semoga tambah semangat belajar Bahasa Inggris di Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk menjadikan pembelajaran Bahasa Inggris semakin menyenangkan, mari kita selipkan permainan (games) saat belajar. Selain untuk menghilangkan kejenuhan, games ini juga dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam pengembangan kosa kata (vocabulary). Berikut adalah Contoh Games Untuk Anak-Anak Dalam Belajar Bahasa Inggris. Check it out...

1. What's Missing?
Kegunaan permainan ini adalah  untuk menghapalkan kosa kata yang baru saja dipelajari dalam sebuah cerita. Cara memainkan game ini dengan menggunakan gambar yang ditempelkan pada papan tulis. Jumlah gambar sekitar 10 gambar. Mintalah anak-anak untuk mengamati gambar-gambar tersebut dan berusaha untuk mengingatnya kemudian meminta mereka untuk menutup mata sementara itu ambilah beberapa gambar dari papan tulis. Selanjutnya, mintalah untuk membuka mata mereka dan menyebutkan apa yang hilang. Tanyakan "What's missing?" kepada salah satu anak kemudian ajukan pertanyaan lanjutan "Is She right?" atau "Is He right?" Apabila jumlah siswa dalam kelas banyak, bagi ke dalam dua kelompok. Setiap anak menjawab benar, maka kelompok tersebut mendapatkan poin.

2. Hide and Seek
Cara melakukan permainan ini yaitu seorang anak diminta meninggalkan kelas sedangkan yang lainnya menyembunyikan sebuah barang. Kemudian anak tadi diminta kembali dan menerka dimana barang disembunyikan. Pertanyaan yang dapat digunakan adalah :
- "Is it on the cupboard?"
- "Is it under the chair?"
- "Is it behind the table?"
- "Is it beside the chair?
Permainan ini dapat digunakan untuk melatih penggunaan preposition dan kata benda (noun).

3.Whisper Race
Untuk melakukan permainan ini yaitu: pertama nak-anak dibagi ke dalam beberapa tim. Kemudian salah satu anak dari tim diberi daftar kata-kata yang harus mereka hapalkan lalu whisper (berbisik) pada teman di belakangnya kata-kata tersebut. Kemudian anak berikutnya harus melakukan hal yang sama sampai anak yang terakhir pada suatu tim. Kemudian anak yang terakhir tadi harus melihat daftar kata-kata yang aslinya dan membandingkan apa saja yang hilang atau berubah. Permainan ini sangat bagus untuk melatih kemampuan mendengar dan daya ingat.

4. Miming
Dalam melalukan permainan ini seorang anak dapat memperagakan seekor binatang, pekerjaan, atau apa saja yang dia pilih. Sedangkan teman-teman yang lainnya harus menerka apa yang sedang dia peragakan. Contoh pertanyaannya yaitu: 
- "Is it a snake?"
- "Is it a butterfly?"
- " are you a doctor?"
- "Are you a policeman?"

5. Market Game
Seorang anak memulai permainan ini dengan mengatakan "I went to market and bought spinach." anak berikutnya harus melanjutkan dengan menambahkan satu kata benda lagi pada kalimat tersebut yang sesuai dengan tema pada kalimat pertama. "I went to market and bought spinach and corn." Lakukan hal serupa untuk anak berikutnya. Contoh kalimat lain: "I went to market and bought bread." Contoh kalimat lanjutannya adalah "I went to market and bought bread and banana cake."

Kegiatan menyenangkan siswa berupa permainan (game) adalah salah satu cara untuk menyampaikan materi yang diinginkan tanpa anak merasa terbebani. Tapi ingat, tidak boleh asal anak senang dan ramai di kelas. Semuanya tetap harus berjalan sesuai dengan Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan tetap memperhatikan latar belakang dan kondisi siswa.

Semoga bermanfaat.

12 komentar:

  1. info yang menarik….. bagus untuk benchmark.

    sepertinya game yang pertama bisa masukkan dalam software yang sedang aku buat.


    sekarang saya lagi bikin software untuk belajar bahasa inggris yang lumayan komplit.
    ada kamus, pengenalan angka 0-9999, teka-teki silang, permainan menembak, family tree, menyelamatkan keju, menghentikan bom, mengenal waktu, permainan kartu dan lain-lain (semuanya bergambar dan bersuara), User bisa nambah kata, bikin game mencocokkan gambar (template nya sudah disediakan).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mau download software nya gmna gan?

      Hapus
  2. terimakasih ats game nya ya,, sangat berguna untuk saya yg sedang mencari metode mengajar :)

    BalasHapus
  3. terima kasih untuk infonya, sangat bermanfaat. http://ayrastore.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Makasih infonya , sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
  5. maaf,saya copy artikel ini untuk keperluan studi saya.Thank

    BalasHapus
  6. Mohon ijin copy, Gan. buat tmbahan ilmu dlm mengajar. Terima kasih artikelnya. Lanjutkan dg artikel lainnya...

    BalasHapus
  7. (h) makasihh yaaa.. it's a useful article..

    BalasHapus
  8. saya sedang membuat website belajar bahasa inggris untuk pemula dengan game seru.
    http://tebakgambar.hol.es/

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top