Pelajaran Bahasa Inggris Di SD Dalam Kurikulum 2013

Apa sih arti "kurikulum" yang saat ini sering diperbincangkan di dunia pendidikan? Kita cari tahu yukk penjelasannya. Menurut Pemerintah Republik Indonesia dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pengertian kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan isi pelajaran, bahan kajian, dan cara penyampaian serta penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) harus mengacu kepada kurikulum supaya tercapai tujuan pendidikan nasional. Dalam penyusunan kurikulum harus berlandaskan kepada:
1. Landasan filosofis
2. Landasan sosial budaya
3. Landasan psikologis
4. Hakikat pengetahuan
5. Landasan asas organisatoris,

Ada beberapa model kurikulum yang sudah digunakan di Indonesia yaitu: Leer Plan (Rencana Pelajaran) Tahun 1947, Rencana Pelajaran Terurai Tahun 1952, Rentjana Pendidikan Tahun 1964, Kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 1999, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Tahun 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006. Kurikulum yang baru saja digunakan di Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah kurikulum 2013. 

Walaupun namanya kurikulum 2013, pelaksanaannya baru siap di tahun 2014. Saat ini pun pemerintah masih terkesan belum siap, buktinya buku-buku yang seharusnya sudah dipakai di sekolah mulai bulan Juli 2014 sampai saat ini baru beberapa tema saja cetakannya yang sudah ada. Akhirnya, sekolah harus mengunduh dari website Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Sekolah yang kteatif akan memberikan hasil unduhan kepada murid dalam bentuk CD tapi bagi sekolah yang belum melek internet, terima nasib saja, menunggu dan menunggu.

Kembali ke tema postingan kali ini yaitu tentang Pelajaran Bahasa Inggris Di SD Dalam Kurikulum 2013. Setelah menyimak kurikulum Sekolah Dasar (SD), ternyata tidak ada pelajaran Bahasa Inggris yang dihubungkan dalam Tema Pembelajaran. Berbeda dengan KTSP yang sudah menyiapkan materi-materi untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam kurikulum 2013,Pelajaran Bahasa Inggris di SD akan masuk ke Kegiatan Ekstrakurikuler, yang pelaksanaannya di luar jam pelajaran. Tapi mungkin untuk sekolah-sekolah tertentu masih memasukan pelajaran Bahasa Inggris seperti biasa dalam Kegiatan Belajar Mengajar dengan maksud bahwa memang pelajaran Bahasa Inggris di SD itu sangat penting dan sudah terbukti hasilnya dari pelaksanaan KBK 2004 dan KTSP 2006 yang sudah teruji.

Mungkin kedepannya akan ada beberapa revisi materi Bahasa Inggris SD, SMP dan SMA di blog ini,  supaya  seiring sejalan dengan materi-materi yang diterima di sekolah.

Terimakasih untuk sobat yang selalu setia dengan pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan di www.kursusmudahbahasainggris.com, semoga bermanfaat.









LihatTutupKomentar
Cancel

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!