Apabila kita membuat study perbandingan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, maka kita akan menjumpai masalah "tenses" dalam bahasa Inggris tetapi tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Sebuah kalimat dalam bahasa Indonesia tidak akan mengalami perubahan bentuk yang mendasar, jika diberikan keterangan waktu yang berbeda. Contoh kalimat :
1. Yuli pergi ke sekolah setiap hari.
2. Yuli pergi ke sekolah sekarang.
3. Yuli pergi ke sekolah besok.
4. Yuli pergi ke sekolah kemarin.
5. Yuli pergi ke sekolah sejak pagi tadi.

Namun, tidak demikian halnya dengan kalimat dalam bahasa Inggris. Keterangan waktu akan merubah bentuk kalimat tersebut. Perubahan kalimat yang didasarkan pada keterangan waktu yang berbeda ini disebut sebagai perubahan bentuk "tenses". Bandingkan kalimat berikut :
1. Yuli goes to school everyday.
2. Yuli is going to school now.
3. Yuli will go to school tomorrow.
4. Yuli went to school yesterday.
5. Yuli has gone to school since this morning.

Kesimpulannya  bahwa "tenses" adalah bentuk kata kerja (tenses are nothing but verb form) dengan pengertian apabila kita sudah memahami bentuk kata kerja yang digunakan dalam suatu kalimat, maka kita pasti tahu "tenses" kalimat tersebut. Oleh karena itu perlu adanya pendalaman terhadap semua bentuk dan macam tenses yang ada dalam bahasa Inggris secara mendasar. 

Ada 5 macam tenses dasar yang harus kita kuasai, yaitu :
Digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang terjadi atau dilakukan pada waktu sekarang.

Digunakan untuk menyatakan sesuatu yang biasa dilakukan atau terjadi sehari-hari.

Digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan terjadi atau akan dilakukan pada waktu yang akan datang.

Digunakan untuk menyatakan sesuatu yang terjadi atau dilakukan pada waktu lampau.

Digunakan untuk menyatakan sesuatu yang terjadi sejak waktu lampau dan berlangsung terus sampai sekarang, atau untuk menyatakan sesuatu yang saat ini telah selesai dikerjakan.

Sebenarnya jumlah tenses dalam bahasa Inggris ada 16 Tenses . Jika kita sudah menguasai 5 tenses tadi, 11 tenses yang lainnya akan dapat dipelajari dengan mudah. Dengan modal 5 tenses saja kita sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. 

Itulah Penjelasan Tentang Tenses Dalam Kalimat Bahasa Inggris. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Semoga bermanfaat.


5 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top