Hampir 15 tahun saya menggeluti dunia pendidikan. Entah berapa ribu siswa yang sudah saya didik. Dari tahun ke tahun selalu datang wajah-wajah baru yang sudah siap untuk menerima materi pelajaran Bahasa Inggris. Memang tidak mudah untuk mengingat nama siswa satu per satu karena biasanya siswa yang cepat diingat adalah siswa-siswa yang sangat istimewa. Seorang siswa menjadi istimewa di mata guru yaitu karena prestasi akademik dan non akademik, siswa yang aktif dalam belajar di kelas, siswa yang cantik dan tampan, siswa yang rajin bersosialisasi dengan guru dan siswa yang sering membuat masalah di kelas atau di sekolah. 

Bagi saya mengingat nama siswa adalah hal yang sangat penting. Kata pepatah, "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Itu benar adanya. Bagaimana mungkin seorang guru bisa menceritakan tentang perkembangan siswanya jika dia tidak mengenal baik siswa yang dididiknya. Dengan mengingat nama siswa akan mempermudah guru dalam berkomunikasi dengan siswanya. Tapi mungkin beberapa guru merasa cukup dengan melihat daftar nama siswa jika ingin bertanya kepada muridnya jadi tidak perlu mengingat namanya. 

Bagi siswa adalah suatu kebanggaan jika guru ingat nama mereka. Ada kedekatan dan keakraban yang dirasakan oleh siswa, seperti ada ikatan batin antara anak dan orang tuanya.  Bagi para guru, jika sering mengalami kesulitan untuk mengingat nama siswa, berikut adalah Cara Cepat Mengingat Nama siswa :

1. Mengecek kehadiran siswa
Pada saat mengecek kehadiran siswa, coba perhatikan siswa, lihat apa yang spesial dari siswa tersebut lalu ingat-ingat. Misalnya nama siswa Yuli Nuriskandar dengan ciri ada tahi lalat di pipi kiri, tinggi badan 163 cm, cerdas, sopan dan senyumnya so sweet. Ingatlah ciri yang ada pada diri Yuli, jadi pada saat bertemu di lain waktu guru ingat dan bisa menyebut nama siswa tersebut saat menyapa. Apabila ada dua nama yang sama, tidak menjadi sulit diingat jika kita sudah mengenal dua pribadi tersebut dan ingat ciri khusus pada diri mereka.

2. Membuat contoh kalimat dengan subjek atau objek menggunakan nama siswa
Pada saat guru sedang membahas pelajaran misalnya Simple Present Tense, gunakan nama siswa yang baru dikenal untuk dijadikan contoh kalimatnya.
Misalnya :
(+) Yuli reads an English book everyday.
(-) Yuli doesn't read an English book everyday.
(?) Does Yuli read an English book everyday?

Semakin sering nama siswa disebut maka akan cepat tersimpan di ingatan guru. Lakukan berulang-ulang untuk nama siswa yang lainnya.

3. Sering berinteraksi dengan siswa
Mendidik dan mengajar siswa di sekolah tidak cukup dengan memberikan tugas, siswa mengerjakan lalu dikumpulkan. Sering-seringlah mengadakan diskusi kelompok. Setiap kelomppok memperkenalkan anggotanya dan guru menyimak apa yang dipaparkan dalam diskusi tersebut. Lalu ingatlah nama-nama siswanya. Kaitkan kejadian khusus dengan siswa supaya mudah diingat.

4. Sering mengajukan pertanyaan yang bersifat individu kepada siswa
Semakin sering bertanya kepada siswa maka komunikasi akan terbentuk, hal tersebut akan tersimpan di ingatan guru. 

Itulah Cara Cepat Mengingat Nama siswa. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top