Bakso adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Bakso tetaplah Bakso, tetapi banyak menyebutnya Meatball dalam bahasa Inggris. Walaupun sebenarnya nama untuk makanan tidak perlu dipaksakan untuk diterjemahkan, sepertinya sebutan untuk bakso jadi terkenal dengan meatball. Rasanya yang khas dan enak membuat para pecinta bakso tidak merasa bosan untuk menikmatinya. Supaya bakso yang dijual tetap memiliki pelanggan, banyak para penjual bakso memberikan nama yang unik supaya pembeli tertarik untuk mencicipinya. 

Kebetulan saya tinggal di kota Sukabumi, Jawa Barat. Sebuah kota kecil yang sejuk, damai dan pastinya indah juga lengkap dengan berbagai aneka kuliner yang siap untuk dinikmati. Berbicara tentang bakso,  akhir-akhir ini ada yang membuat saya penasaran dengan sajian bakso unik yaitu "bakso beranak". Melihat postingan teman-teman di media sosial, semakin membuat saya ingin berburu bakso beranak padahal sebenarnya saya bukan pecinta bakso sejati. Ternyata nama yang unik membuat pendengarnya penasaran. Untuk berburu bakso ini tidaklah mudah, karena tidak satupun diantara yang membuat postingan bakso beranak mencantumkan alamat jelas, entahlah.... mungkin mereka juga aslinya belum mencicipi, hanya katanya, katanya dan katanya. Setelah tiga kali gagal mencari alamat yang dituliskan di media sosial (penjual bakso beranak tidak ada), akhirnya saya putar arah menuju obyek wisata Situ Gunung, Cisaat Sukabumi. Tepatnya di jalan Situ Gunung KM 3 Kecamatan Cisaat,  di samping SDN Gunung Jaya, saya menemukan sebuah kios Bakso yang tidak terlalu besar tapi ramai dikunjungi pembeli. 


Petualangan dimulai, heheheee.... saya pesan 1 porsi, tidak usah menunggu lama, kemudian pesanan datang, taaaaarrrraaaa......


Awalnya saya kecewa karena anaknya cuma dua, setelah bakso besar dibuka, wooowww amazing..... anaknya banyak juga... hahahahha...


Ternyata di dalam bakso besar, ada banyak anak bakso. Dengan harga yang tidak terlalu mahal (Rp.25.000/porsi) akhirnya saya dapat menikmati semangkuk bakso beranak yang cukup sensasional. 

Kira-kira kalau nama bakso beranak diterjemahkan kedalam bahasa Inggris apa ya? bakso beranak = bakso yang memiliki anak, meatball with its children? atau kalau dilihat dari bentuknya bakso hamil = pregnant meatball?, hahahahaa.... whatever lah, yang penting rasanya... Sebenarnya tidak boleh merubah nama makanan, tapi ini maksudnya supaya yang lain lebih mudah memahami tentang apa yang diucapkan. 

Baiklah sobat, hobi kuliner berdampak pada hobi menulis, heheheheee.... Berikut adalah Kosakata tentang Bakso dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. 

1. bakso : meatball
2. mi : noodles
3. bihun : thin rice noodles
4. sawi : mustard greens
5. tauge : bean sprouts
6. seledri : celery
7. daging sapi : beef
8. saus cabai : chili sauce
9. saus tomat : tomato sauce
10. kecap manis : sweet soya sauce
11. lime : jeruk nipis
12. cuka : vinegar
13. garam : salt
14. bakso kecil : small meatball
15. bakso besar : big meatball
16. bakso telur : meatball with egg
17. pedas : hot
18. asam (rasa) : sour
19. gravy : kuah daging
20. sambal : sambal (containing chili peppers)
21. mangkuk : bowl
22. sendok : spoon
23. garpu : fork
24. full : kenyang
25. delicious : enak

Itulah Kosakata tentang Bakso dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Semoga bermanfaat.












0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top