Keliling Kuala Lumpur dengan Bus Go KL, Gratis Ongkos juga Gratis Wi-Fi



Hai para traveller, selamat bertemu di www.kursusmudahbahasainggris.com. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Keliling Kuala Lumpur Gratis dengan Bus Go KL. Bagi para traveller yang akan mencoba menjelajah kota Kuala Lumpur, tidak usah khawatir tentang sarana transportasi yang akan kalian gunakan di sana, dari sarana transportasi yang berbayar mahal sampai yang gratis pun ada, tinggal kalian pilih mana yang kalian suka, tentu saja yang sesuai dengan isi dompet kalian, hehheheee.... 

Motto saya dan keluarga saat menikmati liburan yaitu "Bahagia Dengan Biaya Serendah Mungkin", heheheee..... prinsip saya sederhana saja sih, kalau ada yang murah, kenapa harus pakai yang mahal. Mungkin sobat-sobat traveller pun prinsipnya hampir sama, maunya sih bisa mengunjungi banyak tempat dengan biaya terjangkau kalau bisa gratis, hehehehee...... 

Kembali pada topik bahasan yaitu Keliling Kuala Lumpur Gratis dengan Bus Go KL, bener gak sih??? Tentu bener dong, sob. Berdasarkan pengalaman saya pada saat berlibur di Kuala Lumpur dari tanggal 8-12 Juli 2017, saya benar-benar menikmati perjalanan dengan Bus Go KL tanpa bayar sedikit pun. Cukup menunggu di halte pemberhentian saja, nanti juga bus datang, lalu naik sesuai dengan arah tujuan kita. 

Ada 4 jenis tujuan pemberangkatan bus, yaitu Green Line, Purple Line, Red Line dan Blue Line. Untuk rute yang akan dilalui oleh Bus Go KL dengan Line di atas, supaya tidak ribet, lebih baik kalian mengunduh peta laluan Bus Go KL sebelum berangkat ke Kuala Lumpur dari website www.gokl.com.my. Itu akan memudahkan kalian untuk bepergian di Kuala Lumpur.


Baiklah, kita perhatikan yuk petanya! Berikut adalah tempat yang dilalui oleh Bus Go KL: 
1. Red Line (Go Relax) :
- KL sentral
- 1 Sentral
- Muzium Negara
- Masjid Negara
- Menara DBKL
- Medan Mara
- Wisma Sime Darby
- Puteri Park Hotel
- Monorail Chow Kit
- Chow Kit
- Tune Hotel
- Maju Junction
- Pertama Kompleks
- Globe Silk Store
- Coliseum
- Dataran Merdeka
- Dayabumi
- KTM Kuala Lumpur

2. Blue Line (Go Work)
- Starhill Gallery
- Bukit Bintang
- Menara ING
- Wisma MPL
- The Weld
- Menara Hap Seng
- Maju Junction
- Campbell Complex
- AIA
- Maytower Hotel
- KL Sogo
- Medan Mara
- Uni Asia
- Monorail Medan Tuanku
- Concorde Hotel
- Life Centre
- Pavilion

3. Purple Line (Go Sightsee)
- Starhill Gallery
- Bukit Bintang
- Menara ING
- Wisma MPL
- Bukit Ceylon
- Kotaraya
- Pasar Seni
- Bangkok Bank
- Muzium Telekom
- Menara Olympia
- KL Tower
- The Weld
- Wisma Foo Yong
- Pavilion

4. Green Line (Go Shopping)
- Starhill Gallery
- Bukit Bintang
- Menara KH
- Wisma Rohas Perkasa
- Grand Hyatt Hotel
- KL Convention Centre
- Citi Bank
- Menara Atlan
- KLCC
- Angkasaraya
- Matic
- Concorde Hotel
- Life Centre
- Pavilion

Dengan membaca peta, kalian akan tahu di halte mana kalian akan ganti bus jika bus yang kalian tumpangi tidak melalui tempat yang akan kalian tuju. Misalnya kalian dari KLCC akan menuju ke KL Tower. Kalau kita perhatikan peta perjalan Bus Go KL, tidak ada bus yang langsung menuju KL Tower jadi dari KLCC kalian bisa menggunakan yang Green Line kemudian kalian bisa berhenti di Pavilion atau Bukit Bintang lalu melanjutkan perjalanan dengan Purple Line.

Untuk mengetahui rute perjalanan Bus Go KL bisa dilihat di bagian depan Bus yang paling atas. Berikut adalah Bus Go KL Purple Line.



Dengan adanya Bus Go KL ini sangat memudahkan bagi para traveller ketika berada di Kuala Lumpur, selalin gratis juga kita tidak perlu khawatir takut tersesat karena ketika bus akan berhenti di suatu tempat pasti ada pemberitahuan terlebih dahulu. Bus Go KL sudah dioperasikan mulai dari tahun 2012 tepatnya 31 Agustus 2012 tetapi hanya melayani 2 rute laluan, yaitu Go KL Green Line (Jalur Hijau) dan Purple Line (Jalur Ungu). Pada 1 Mei 2014, Bus Go KL menambah rute baru, yaitu Red Line (Jalur Merah) dan Blue Line (Jalur Biru). Suatu peningkatan yang luar biasa bagi pemerintah Malaysia karena sudah mampu memberikan layanan gratis bagi para pengguna transportasi Bus Go KL.

Perlu diingat juga, jam operasional Bus Go KL, yaitu:
- Hari Biasa : mulai dari jam 6 pagi sampai jam 11 malam
- Akhir pekan dan hari libur : mulai jam 7 pagi sampai jam 11 malam

Pada hari-hari biasa Bus Go KL akan berangkat dari setiap tempat pemberhentian setiap 5 menit sekali tetapi pada akhir pekan dan hari libur berangkat dari setiap tempat pemberhentian bisa sampai 10 menit sekali, karena pada hari libur lalulintas padat sehingga Bus Go KL melaju sesuai kepadatan lalulintas. Gambar berikut adalah Halte Bus Go KL di Bukit Bintang.



Di bawah ini adalah tempat pemberhentian Bus Go KL di Pasar Seni.


Suasana di dalam Bus menurut saya terasa nyaman karena penumpang tertib di dalam Bus. Penumpang yang masih muda kebanyakan akan mempersilahkan duduk kepada yang lebih tua dengan kesadaran sendiri tanpa ada paksaan, mereka lebih rela berdiri.


Untuk para orang tua dan yang berkebutuhan khusus, disediakan kursi prioritas. Bagi yang menggunakan kursi roda, masih bisa menikmati Bus Go KL, karena saat menaikan dan menurunkan penumpang yang menggunakan kursi roda, sopir akan bertanggung jawab. Saya melihat sendiri sopir memberhentikan bus lalu keluar membantu pengguna kursi roda turun dari bus. Sungguh pelayanan yang luar biasa. 


Di bawah ini adalah penampakan bagian dalam Bus Go KL saat penumpang belum masuk. Bersih dan tampak rapi. Patuhilah aturan saat berada di dalam bus, misalnya tidak makan atau minum, tidak membuang sampah sembarangan, dan yang lainnya.


O iya sob, selain gratis ongkos, Bus Go KL juga menyediakan gratis Wi-Fi, amazing.... jadi jika kalian mau fasilitas internet gratis, kalian tinggal mengaktifkan Wi-Fi lalu search GOKL CITYBUS..., hubungkan tanpa menggunakan password. Saya pun sama heheheee..... mumpung ada internet gratisan, yuk ah manfaatkan. Di bawah ini adalah screenshot dari Handphone saya saat mencari Wi-Fi gratis dari Bus Go KL.


Untuk para traveller yang akan menggunakan Bus Go KL pada malam hari, ingat ya jam operasionalnya sampai jam 11 malam. Berikut adalah penampakan Bus Go KL pada malam hari di halte KLCC.


Itulah pengalaman saya Keliling Kuala Lumpur Gratis dengan Bus Go KL. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Subscribe to receive free email updates: