Ketika seorang teman dari Jakarta mengatakan bahwa ada pabrik keju di Sukabumi, awalnya saya tidak percaya karena yang saya tahu Sukabumi terkenal dengan kue mochi, batik tulis juga pastinya alamnya yang sangat indah dan sejuk yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di Sukabumi. 

Berawal dari penasaran, akhirnya saya mencari info dari beberapa teman dan dari mbah google juga, ternyata benar di Sukabumi ada pabrik keju. Tanpa banyak mikir, sepulang menunaikan kewajiban sebagai seorang guru, saya langsung menuju pabrik keju. Berjarak kurang lebih 5 KM letak lokasi pabrik keju dari tempat saya mengajar dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi yaitu bertempat di Kebon Pedes Kecamatan Baros Kota Sukabumi.

Jalanan menuju lokasi tidak terlalu ramai, sehingga tidak ada kemacetan, yang ada yaitu suasana sejuk, bukit-bukit yang tampak indah juga perkebunan-perkebunan yang semakin menambah magnet betapa indahnya Sukabumi. Kalau dihitung-hitung lokasi pabrik keju dari pusat kota Sukabumi, kurang lebih 7 KM. Kalau dari terminal bus yang baru itu lebih mudah lagi karena  satu jalur, kira-kira 5 KM, kita hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan jalan saja, tidak terlalu sulit untuk menuju lokasi. Memasuki kawasan pabrik keju PT. Bukit Baros Cempaka (BBC), kita akan melewati gapura seperti gambar berikut.


Setelah masuk melalui gapura tersebut, saya mengikuti jalan saja, awal-awalnya saya melihat ada beberapa rumah penduduk tapi selanjutnnya hanyalah pepohonan rindang, perkebunan, sehingga suasana terasa sepi, oleh karena itu saya sarankan jika ingin mengunjungi pabrik keju ini lebih baik beramai-ramai. Akhirnya ketemulah dengan pintu gerbang utama untuk masuk ke pabrik keju.


Pertamanya saya ragu untuk masuk, kemudian keluarlah seorang petugas lalu menyapa dengan ramah. Beliau menerangkan biasanya yang datang sudah janji dulu dan rata-rata mengikuti paket One Day Trip tapi katanya tidak perlu mengikuti paket kalau hanya ingin berkunjung untuk menikmati alam di area pabrik keju atau sekedar bersantai di cafe, cukup membayar tiket masuk seharga Rp.30.000 dan tiket tersebut bisa ditukar dengan welcome drink berupa satu botol yoghurt yang diproduksi oleh Bukit Baros juga. One Day Trip adalah paket wisata edukatif yang ditawarkan oleh PT. Bukit Baros Cempaka (BBC) yaitu, para pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang indah juga asri, merasakan udara segar ditemani pohon-pohon pinus yang rindang dan dilengkapi oleh hamparan kebun teh dan kopi, selain berlibur juga pengunjung mendapatkan pengetahuan, khususnya pembuatan keju, dimulai dari presentasi seputar keju, kunjungan ke pabrik untuk melihat proses pembuatan keju yang unik dan edukatif. Para pengunjung juga dapat mencicipi tester keju dan menikmati hidangan makanan khas Sunda, setelah memanjakan lidah, para pengunjung juga diuji kekompakan dalam permainan-permainan menarik seperti bakiak tandem, tarik tambang, stik transfer, dan lain-lain. Pulangnya pun akan diberi oleh-oleh berupa keju. Untuk paket One Day Trip ini dikenakan biaya Rp.150.000 per orang dan pengunjung harus memberitahukan dahulu kepada pihak PT. BBC kapan akan berkunjung. Minimal 25 orang jika ingin mengikuti paket One Day Trip. Karena acara dadakan, sayangnya saya tidak bisa melihat langsung proses pembuatan keju. Tapi tidak apa-apa, saya akan mengunjungi pabrik keju lain waktu. Selain paket One Day Trip, ada juga paket Trainning Outbound, yang meliputi leadership & team building, problem solving & decision making. Jadi paket yang disuguhkan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai anak TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Karyawan, bahkan ibu-ibu arisan pun bisa.

Keistimewaan pabrik keju Bukit Baros ini adalah bahan dasar pembuatan keju yaitu susu sapi dihasilkan dari peternakan sapi yang ada di area pabrik keju. Selain ada peternakan, di area pabrik keju juga ada perkebunan tanaman hias.



Tiket yang saya beli tadi ditukar yoghurt di cafe Cimandiri, saking segarnya minum yoghurt, saya sampai lupa untuk mengambil gambar ketika yoghurt masih penuh di botol, hehehheee.... asli, yoghurtnya mantap. Entahlah, saya merasa nyaman berada di cafe Cimandiri, selain bentuk bangunan yang begitu unik yang menghadap ke kolam renang juga resepsionisnya sangat ramah menjelaskan tentang ada apa saja di pabrik keju juga paket-paket wisata yang disuguhkan. Pastinya bagi  yang suka foto-foto, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.




Di dalam cafe, pengunjung akan dimanjakan dengan hidangan-hidangan serba keju, yaitu: Nasi Goreng Keju Baros, Ricotta Nugget, Finger Mozzarella, Mie Ayam Bakso Keju Baros, Bakso Keju Baros, Pizza Heart dan satu lagi nih menu yang enak banget namanya JUPE (Keju Tape), tape bercampur keju yang hasilnya eeehhhmmmmm lembut-lembut gimana gitu, delicious... So, pengunjung tinggal pilih menu yang cocok dan menurut saya harganya terjangkau, antara Rp.15.000 sampai Rp.25.000. Di cafe ini juga tersedia oleh-oleh berupa keju atau makanan olahan keju yang bisa pengunjung beli. Saya sih beli keju Mozzarella dan keju Gouda, harganya lebih murah dari harga di supermarket.

JUPE (KEJU TAPE)

Finger Mozzarella



Sandwich Keju


Setelah perut terisi, saya berjalan kaki di sekitar area pabrik keju. Menurut salah satu sumber, pabrik keju berada di area lahan sekitar 24 hektar. Pabrik kejunya sih di luar bayangan saya. Saya pikir tadinya pabrik berada di bangunan yang sangat besar, ternyata dugaan saya salah, bangunan pabrik tidak terlalu besar, seperti ada pada foto di atas. Suguhan lain dari wisata edukatif yaitu hutan pinus yang begitu indah juga tampak sebuah bangunan seperti  istana yang begitu mempesona.




Inginnya saya berlama-lama menikmati alam Bukit Baros Cempaka, tapi waktu sudah sore dan menunjukkan pukul 16.00, itu artinya area pabrik keju ditutup untuk umum. Sekedar info, Pabrik keju buka setiap hari kecuali hari Selasa, libur. Buka mulai Pukul 09.00 sampai Pukul 16.00.


Itulah pengalaman saya mengunjungi pabrik keju di Sukabumi. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Semoga bermanfaat.

Referensi:
bukitbaros.co.id
























0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top