Tips Mengerjakan Soal TOEFL Listening

Dibanding Structure and Written Expression dan Reading dalam tes PBT (Paper Based Test), diakui bahwa sesi Listening yang dianggap paling sulit dalam  tes TOEFL. Oleh sebab itu sebelum mengikuti tes, sebaiknya dipersiapkan materi-materi yang berhubungan dengn TOEFL Listening. 

Dalam tes TOEFL, sesi pertama adalah tes kemampuan listening (Listening Comprehension) yang terdiri dari 50 soal. Anda akan mendengar rekaman dalam bahasa Inggris selanjutnya anda harus menjawab soal yang berhubungan dengan rekaman tadi. Rekaman tersebut hanya diputar satu kali dan tidak tertulis dalam buku, jadi anda harus menyimak rekaman semaksimal mungkin. Dalam tes listening ada tiga sesi yaitu : 
- PART A yang terdiri dari 30 conversation (percakapan) yang pendek, setiap percakapan diikuti dengan satu pertanyaan
- PART B yang terdiri dari 2 conversation yang panjang dan diikuti beberapa pertanyaan, biasanya ada 4 soal per conversation
- PART C yang terdiri dari 3 talk yaitu seperti seorang dosen sedang menjelaskan satu topik tertentu diikuti beberapa pertanyaan, biasanya 4 per talk. PART C ini dianggap paling sulit dalam sesi tes listening.

Tapi jangan takut untuk mengikuti tes TOEFL,  ikuti tips berikut :
1. Be familiar with the directions
Terbiasalah dengan petunjuk-petunjuk dalam mengerjakan tes TOEFL karena pada umumnya petunjuknya sama. Dalam tes listening, sebelum mengerjakan soal akan ada petunjuknya yang diperdengarkan melalui tape recorder. 

2. Listen carefully to the conversations and talks
Dengarkan betul-betul apa yang dikatakan pembicara dalam rekaman karena rekaman hanya diperdengarkan satu kali, tidak ada pengulangan.

3. Know where the easier and more difficult questions are generally found
Harus diketahui bahwa dalam tes listening tingkat kesulitan terus meningkat dari soal ke soal oleh karena itu berusahalah semaksimal mungkin untuk menjawab soal-soal yang lebih awal.

4. Never leave any answers blank on your sheet.
Jangan pernah mengosongkan lembar jawaban anda. Tidak ada pengurangan nilai walaupun jawaban anda salah, jadi sebaiknya semua soal diisi.

5. Use any remaining time to look ahead at the answers to the question that follow
Ketika menjawab soal nomor 1, cepatlah untuk melihat-lihat pilihan jawaban no.2 agar anda cepat membaca isi topik yang akan dibicarakan. Dengan melihat pilihan jawaban sebelum mendengar percakapnnya, paling tidak anda akan mendapat bayangan mengenai bentuk soal yang akan muncul.

Semoga bermanfaat.

Referensi :


LihatTutupKomentar

5 Komentar

Cancel

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!