Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Inggris akan berhasil jika ada kerjasama yang baik antara guru dan siswa. Jangan sampai siswa terlalu dibuat pusing karena guru hanya memberikan soal dan soal tanpa ada pembahasan materi yang jelas dan selingan hiburan saat belajar.
 
Hai guru Bahasa Inggris, berikut adalah 5 Rahasia Supaya Guru Bahasa Inggris Disukai Siswa :
1. Selalu Ramah
Pada saat masuk kelas, berikan senyuman kepada siswa. Sapa mereka dengan percakapan yang sederhana saja. Berikan salam, contoh Good morning students, how are you today? Tunjukan sikap bersahabat. Jika siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik, berilah pujian. Katakan, Good, excellent, dan yang lainnya. Untuk siswa yang masih susah menerima materi jangan dijutekin atau pasang muka marah. Sadarilah, bahwa tugas guru sebagai pendidik harus bisa bersahabat dengan siswa.

2. Buatlah Penyampaian Materi Bahasa Inggris Menyenangkan
Guru harus pandai memilih metode pembelajaran supaya siswa tidak cepat bosan. Jangan sampai ketika masuk kelas langsung bilang, buka halaman 50 kerjakan latihan soal. Kalau begini sihh siswa bisa-bisa stress, yang akhirnya siswa bosan dengan pelajaran Bahasa Inggris. Sebaiknya guru kondisikan kelas dengan baik, lalu buat pembahasan materi sesederhana mungkin. Intinya yang penting siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik.

3. Jangan Memberi Materi Grammar Melulu
Pembahasan Grammar dengan seabreg rumus bisa-bisa membosankan. Variasikan materi yang diberikan, berikan materi-materi baru dengan menyenangkan. Walaupun akan membahas grammar, carilah metode supaya siswa tertarik untuk belajar. Inget ya, ngajar grammar jangan buat siswa stress.

4. Jangan Terlalu Ngebut Ngejar Materi
Walaupun seorang guru dituntut untuk memberikan materi sesuai program, ada baiknya memperhatikan kondisi siswa. Tidak baik juga materi cepat selesai tapi siswa tidak paham. Perhatikan kondisi siswa. Tidak semua siswa dapat menyerap materi dengan cepat.

5. Berikan Game
Berlatih materi tidak harus selalu mengerjakan soal di atas kertas. Contoh, pada saat guru akan memberikan latihan tentang Question Tag, berikan latihan kepada siswa dengan Game Question Tag. Game dapat mengatasi kebosanan siswa saat belajar. Dengan memberikan Game, tanpa disadari sebenarnya sedang belajar. Berikanlah games yang melibatkan seluruh siswa di kelas.

Itulah 5 Rahasia Supaya Guru Bahasa Inggris Disukai Siswa. Semoga bermanfaat.


4 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top