Untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar bahasa Inggris, rekan-rekan guru/pengajar bisa menggunakan permainan QR Code Game. Apa sih QR Code Game itu? Mungkin ada beberapa rekan belum pernah mendapatkan informasi tentang game ini. Intinya dalam game ini, ada penggabungan antara penggunaan teknologi dengan kecepatan berfikir. QR artinya Quick Respond. Jadi dalam permainan ini siswa akan dilatih kecepatan dalam menjawab pertanyaan yang untuk mengetahui pertanyaannya, siswa harus scan code. Pertanyaan akan muncul, jika siswa sudah scan dengan baik kode yang sudah disediakan. Pada satu kode ada perintah yang harus diselesaikan.

Baiklah, untuk memudahkan rekan-rekan dalam mempraktikan game ini, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat soal pada QR Code game :
1. Siapkan handphone jenis android atau tab
2. Buka Play Store lalu download QR Code Generator,lalu install.
3. Setelah di install, cobalah membuat soal dengan membuka program QR Code Generator yang sudah diinstall di Handphone atau tab. Contoh : What is the last month of the year? lalu klik Generate
4. Setelah membuat soal, akan muncul code seperti berikut, lalu save (klik yang dilingkari garis biru)
5. Di file picture akan muncul code seperti ini, yang kemudian bisa di print.
6. Buatlah QR Code sesuai yang diinginkan, setelah di print lalu tempelkan di tempat-tempat tertentu di lingkungan sekolah (di luar ruang kelas).
7. Dalam pelaksanaan permainan ini, buat beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 4 orang siswa, biarkan mereka mencari kode-kode yang telah ditempel, lalu mereka scan kode tersebut dengan QR Code Reader. Jika belum ada di program HP Android atau tab siswa, dipersilahkan mereka menginstall QR Code Reader dari Play Store, seperti gambar berikut.
8. Tentukan waktu yang sesuai untuk mereka melaksanakan game ini. Misalnya 20 menit untuk 10 kode yang harus di scan di beberapa tempat dan menjawab pertanyaan.

9. Supaya permainan ini bisa dilaksanakan dengan cepat dan siswa menjawab tepat, diperlukan kerjasama yang baik dengan anggota kelompok. Misalnya seorang scan kode, lalu muncul pertanyaan, yang satu membacakan, yang satu menulis jawaban. 

10. Setelah saya praktikan bersama siswa-siswi kelas IX, mereka sangat semangat dan merasa senang. Mereka tampak berlari-lari untuk mencari-cari 10 kode yang telah terpasang. Pertanyaan yang dibuat bisa disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Kelompok yang menjawab dengan waktu yang tercepat dan jawaban benar semua, itulah juaranya.

Bagi orang tua yang kreatif, game ini bisa dilakukan di rumah. Pasangkan saja kode-kode yang sudah dibuat di sekitar rumah, buat pertanyaan-pertanyaan yang sederhana sesuai keinginan. Misalnya menyuruh anak bercerita atau melakukan hal-hal tertentu. Soal yang akan diberikan, bisa dibuat seperti tadi di QR Code Generator.

Contoh :
  

Bagi rekan-rekan yang akan mencoba untuk scan code setelah menginstall QR Code Reader, bisa dicoba dengan scan kode-kode yang ada di atas untuk membuktikan serunya bermain game ini. 

Itulah materi tentang Belajar Bahasa Inggris Dengan Media QR Code Game . Semoga bermanfaat.



1 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, komentar anda sangat berarti untuk perkembangan blog ini!
* Komentar yang berisi Link Aktif Akan otomatis terhapus!

 
Top